Pengertian dan penyebab stroke hemoragik

Pengertian dan penyebab stroke hemoragik

Stroke hemoragik merupakan kondisi saat pecahnya salah satu arteri dalam otak akan menyebabkan perdarahan di bagian otak tersebut lalu aliran darah pada sisi otak berkurang bahkan terputus. Otak tanpa pasokan oksigen yang terdapat di sel darah, sel otak bisa saja mati dan adanya kinerja otak akan terganggu bisa berlangsung permanen. Perdarahan pada kondisi pecahnya di bagian pembuluh darah di salam otak di namakan dengan perdarahan intraserebral, sedangkan pada pembuluh darah di bagian ruang antara lapisan pembungkus pada bagian tengah dan dalam ini yang di namakan dengan perdarahan subarachnoid. Jadi untuk pendarahan ada 2 jenis yang memang terjadi pada otak.

Pengertian dan penyebab stroke hemoragik

Penyebab stroke hemoragik, adanya pecahan pada pembuluh darah di dalam otak. Adapula faktor-faktornya, antara lain:

  1. Tekanan darah tinggi yang biasa di sebut hipertensi.
  2. Cedera kepala berat, cedera yang diakibatkan oleh pembuluh darah pecah menyebabkan sistem kinerja otak mulai berkurang dan menjadikan kepala semakin berat untuk sekedar mendongak
  3. Tidak normal pembuluh darah di otak sejak lahir bisa terjadi cacat sedari kecil berupa  pembuluh darah arteri dan vena pecah
  4. Aneurisma otak.
  5. Penyakit liver atau hati ketika hati mengalami gangguan atau terjadinya kerusakan kemungkinan besar fungsi hati tidak berkerja.
  6. Kelainan darah, serupa  anemia.
  7. Tumor otak.
  8. Efek samping penggunaan obat antikoagulan atau mencairkan darah

Penderita stroke hemoragik juga mestinya ada gejala tetapi banyaknya konsultasi dan penunjang  pemeriksaan, antara lain: (a) alat pemindai CT scan atau MRI untuk mengetahui besarnya kerusakan yang terdapat pada jaringan pada otak, serta angiografi otak untuk mengetahui tingkat keparahan saat perdarahan terjadi. (b)pemeriksaan cairan serebrospinal, dokter mengambil cairan di bagian otak dan tulang belakang untuk kelanjutan pemeriksaan yang akan dilakukan jika hasil CT scan atau MRI masih tidak bisa memperlihatkan hasil gambar pemindaian.

Penanganan stroke hemoragik bertujuan untuk memberhentikan sumber perdarahan dan mencegah terjadinya gejala lain pada otak. Penanganan yang bisa dilakukan dengan pemberian obat. Penyakit ini, untuk penderita harus mengonsumsi obat mencairkan darah secara  teratur untuk mengendalikan dan jika tidak bisa akan memperparah keadaan penderita bahkan di berikan terapi obat untuk membantu pembekuan darah. Ada juga vitamin serta transfusi darah trombosit.

Pereda nyeri juga bisa diberikan pada penderita bertujuan untuk meredakan nyeri dan sakit di bagian kepala. Untuk penderita ada obat pencahar bertujuan untuk melancarkan BAB agar tidak  BAB agar tidak mengenjan terlalu kuat karena jika ada tekanan maka pembuluh darah juga akan mempengaruhinya.Ada cara mencegah perkembangan perdarahan yang lebih parah, dokter dapat menyarankan dengan terapi obat berupa antagonis kalsium berguna pada tekanan darah bisa mengontrol agar tetap pada kondisinya karena yang paling di takutkan ketika  terjadi perdarahan pada otak.

Pada penyakit tersebut yang sangat parah dan tidak ditangani maka akan sulit mengobati jadi  dibutuhkan tindakan operasi untuk memperbaiki jaringan pembuluh darah serta dapat menghentikan perdarahan.

Setelah pengobatan diperlukan waktu untuk masa pemulihan penderita itu pun dapat dilihat dari tingkat parahnya kondisi pada otak. Bagi penderita tersebut yang tidak mengalami gejala lain dan dapat pulih dalam beberapa minggu dan untuk masa pemulihan tidak bisa secara langsung tapi bertahap karena banyaknya kerusakan jaringan otak membuat kondisi tubuh tidak bisa stabil. Stroke hemoragik perlu tahap pengobatan dengan terapi keterampilan, terapi otot dan terapi berbicara.

About the Author

Related Posts