Manfaat Temulawak Bagi Ayam Bangkok

Manfaat temulawak bagi ayam memang cukup menarik perhatian. Terutama bagi Anda yang mempunyai peliharaan ayam bangkok ataupun jenis ayam aduan. Pada dasarnya, penggunaan temulawak sendiri sudah diakui ampuh memberikan dampak baik untuk kesehatan makhluk hidup. Bukan hanya manusia, hewan juga masuk sebagai makhluk hidup yang dapat menerima nutrisi temulawak dengan baik. Seperti yang sudah dijelaskan oleh berbagai ahli, bahwa jenis tanaman herbal yang satu ini kaya akan berbagai senyawa aktif yang baik untuk kesehatan.

Selain itu, temulawak diperkuat oleh kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Anda tentu sangat paham, jika antioksidan termasuk zat paling krusial bagi tubuh. Pasalnya, zat ini yang mendukung meningkatan sistem imun. Sampai disini, tidak heran jika penggunaan temulawak sering disebut sebagai obat anti kanker sekaligus penyakit kronis lainnya. Dampak positif tersebut bukan hanya berlaku untuk manusia, sebab ayam menjadi organisme lain yang mampu menerima temulawak dengan baik. Nah, bagi Anda yang ingin mendapatkan manfaat temulawak untuk ayam peliharaan. Berikut cara mudah untuk meraciknya sebagai ramuan herbal:Manfaat Temulawak Bagi Ayam Bangkok

  1. Siapkan temulawak

Langkah pertama yang mesti Anda lakukan adalah menyiapkan temulawak sesuai kebutuhan. Apabila fokus Anda memberikan nutrisi untuk ayam bangkok, maka sudah seharusnya memperhatikan kualitas temulawak yang digunakan. Setelah itu, kupas semua bahan dan campur dengan bahan tambahan lain. Misalnya saja, lengkuas untuk menambah stamina pada ayam tersebut.

  1. Proses penumbukan

Berikutnya, Anda mesti menghaluskan semua bahan menjadi satu. Pada dasarnya, tidak perlu terlalu halus. Anda hanya perlu memastikan setiap bahan mudah dicerna oleh ayam. Tetapi untuk mempermudah proses pembuatan, Anda dipersilakan menggunakan alat penghalus.

  1. Tambahkan sedikit air

Setelah memastikan setiap bahan halus dengan baik. Selanjutnya, tugas Anda adalah mencampur bahan tersebut dengan sedikit air. Takaran air yang digunakan harus disesuaikan dengan jumlah temulawak. Biasanya untuk menambah khasiat ramuan, beberapa orang akan menambahkan telur mentah dan jenis herbal lainnya. Tetapi bagi Anda yang tidak terlalu paham aturannya, cukup gunakan temulawak.