Inilah Pengertian Demokrasi Terpimpin

Inilah Pengertian Demokrasi Terpimpin

Secara umum www.ruangguru.co.id terpimpin adalah sebuah sistem demokrasi yang mana seluruh keputusan juga pemikiran berpusat pada pemimpin negara, pertama kali terjadi demokrasi terpimpin terjadi dimasa presiden Soekarno, yang terjadi pada pembukaan sidang konstituante ditanggal 10 November 1956. Demokrasi terpimpin juga bisa diartikan sebagai sistem pemerintah yang diambil juga dijalankan oleh satu orang saja yaitu pemimpin pemerintahan. Sistem ini dikenal juga dengan nama sistem terkelola. Tujuan dari sistem ini adalah untuk mengganti demokrasi liberal yang dianggap tidak stabil dinegara tersebut, kedua adalah untuk meningkatkan kekuasaan presiden dimasa tersebut yang tadinya sebagai pemimpin menjadi pemegang kekuasaan tertinggi.

Adapun ciri-ciri dari demokari terpinpin antara lain, pertama adalah kekuasaan presiden, presiden berperan sebagai penguasa paling tinggi disuatu negara tersebut, presiden bisa mengubah berbagai hal hanya dengan kehendaknya. Kedua adalah peran partai politik terbatas, keberadaan partai politik hanya sebagai pendukung saja, ketiga adalah peran militer semakin besar, bahkan militer memiliki dua fungsi, sebagai garis depan pertahanan negara juga berperan dalam pemerintahan, namun malah mengakibatkan kekacaun politik. Keempat adalah paham komunisme berkembang, dan dimasa Indonesia partai komunis juga berkembang dengan baik, ciri lainnya adalah anti kebebasan pers, sentralisasi pemerintah pusat, terjadinya pelanggaran HAM, dan masih banyak lagi ciri lainnya. dilihat dari ciri-ciri danĀ  terpimpinĀ  diatas maka dampak yang dihasilkan berdampak cukup besar, berikut dampak positif yang bisa anda ketahui :

  • Mencegah krisi yang berkepanjangan
  • Mencegah perpecahan negara
  • Sebagai cikal lembaga tinggi negara
  • Memberikan pedoman hidup bagi negara

Adapun dampak negative dari demokrasi terpimpin antara lain pembubaran DPR, masa jabatan presiden seumur hidup, presiden memegang penuh negara, banyak penyimpangan UUD 1945, militer terjun bebas kedunia pemerintah sehingga menyebabkan militer memiliki kekuasaan yang cukup kuat, pengangkatan menteri, dan masih banyak lagi lainnya. Di zaman modern ini Indonesia tidak menggunakan sistem tersebut, Indonesia lebih memilih sistem demokratis yang tidak berdampak negated terhadao rakyat, dan sekarang untuk masa jabatan presiden tidak seumur hidup.